Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips Memilih dan Memasak Kerang Agar Tak Berbahaya untuk Tubuh

Kerang merupakan salah satu makanan laut yang kaya akan protein, Vitamin B12, asam amino, asam lemak Omega 3 dan Omega 6, serta mineral besi dan selenium. Akan tetapi, di dalam laut, kerang termasuk hewan yang paling mudah menyerap berbagai polutan seperti merkuri, dan paling mudah menyerap berbagai bakteri seperti Salmonella yang dapat berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk kita jelih dalam memilih dan memasak kerang agar tidak berbahaya untuk tubuh kita.

Berikut adalah tips cara memilih dan memasak kerang agar tubuh mendapatkan manfaat serta terhindar dari bahayanya :

• Pastikan memilih kerang yang masih segar. Kerang yang masih segar memiliki ciri-ciri tidak berbau busuk, tidak berlendir, dan cangkang masih tertutup rapat. Apabila kerang sudah terlepas dari cangkang nya, pastikan kerang terasa kenyal ketika dipegang.

• Bersihkan kerang dengan cara merendamnya dalam air garam. Asin dari garam akan membuat pori-pori pada kerang terbuka, sehingga kotoran yang ada pada kulit kerang akan keluar. 

 

 

• Supaya lebih bersih, sikat kulit kerang dengan sikat gigi

 

• Bila kerang ingin disimpan untuk dimasak nanti, simpanlah kerang bersih dalam tempat atau toples yang tertutup dengan rapat, lalu taruh di dalam freezer. Kerang bisa disimpan sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. Jangan pernah menyimpan kerang dengan cara meredamnya di dalam air, karena dapat menyebabkan bau yang kurang enak atau busuk.

 

• Umumnya kerang dimasak dengan cara dikukus, direbus dan ditumis. 

• Jika hendak mengukus kerang,  cukup kukus selama 30 menit saja. Jangan kukus kerang terlalu lama, karena akan mengakibatkan kerang menjadi lembek dan racun yang ada pada kerang keluar.

• Jika hendak di rebus, rebus dengan air sedikit saja, setelah masak, cangkang kerang akan terbuka secara otomatis dan menyeluarkan sari yang membuat kuah kaldu menjadi lezat

Related Article