Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips Membuat Tumisan Sayur yang Enak

Memasak itu tidak sulit lho. Ada banyak resep masakan sederhana yang bisa kita coba jika kita belum mahir memasak. Salah satu resep yang paling mudah adalah aneka tumisan sayur. Tanpa membutuhkan keahlian tingkat tinggi, sedikit teknik memasak sudah cukup untuk menghasilkan tumisan sayur yang enak.

Supaya makin mahir mengolah sayuran menjadi hidangan tumis penggugah selera, yuk perhatikan dulu tips-tipsnya berikut ini :

Minyak untuk Menumis Sayur

Menumis sayur memang membutuhkan minyak. Tetapi jumlahnya tak banyak, cukup 1 hingga 2 sendok makan saja. Kandungan minyak yang terlalu banyak bisa mengurangi cita rasa tumisan. Jadi, pastikan kita hanya menggunakan sedikit saja untuk menumis bumbu.

Pastikan Minyak Sudah Panas

Minyak yang akan digunakan untuk menumis harus berada dalam kondisi panas. Namun kita hanya butuh api berukuran sedang ketika memanaskan minyak tersebut. Api yang sudah panas akan membuat bumbu-bumbu yang dihaluskan atau diiris menjadi cepat matang. Tumisan bumbu pun akan menghasilkan aroma sedap dan bebas langu saat disantap.

Jangan Lupa Berikan Sedikit Air

Tumisan sayur biasanya bertekstur agak kering. namun bukan berarti kita tidak boleh menambahkan air. Sedikit air justru dapat membuat sayuran menjadi lekas empuk. Sehingga proses menumis pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Menumis Sayur yang Teksturnya Lebih Keras

Kadang kala kita tidak hanya menumis satu macam sayur, melainkan beberapa macam misalnya seperti membuat capcay. Jika berencana menggunakan beberapa macam sayur, pastikan kita memasukkan sayuran yang teksturnya lebih keras terlebih dahulu. Supaya sayur yang teksturnya lebih lembut tidak rusak karena dimasak terlalu lama. Contoh bahan tumisan yang teksturnya keras adalah wortel, kol, dan kembang kol.

Jika Ingin Menambahkan Daging

Biasanya tumisan sayur semakin lezat jika kita menambakan daging atau seafood ke dalamnya. Tidak perlu memasak daging atau seafood terlalu lama. Potonglah daging dan seafood agar bentuknya tipis dan lebih cepat matang. Sebab memasak daging terlalu lama hanya akan membuat tekstur daging semakin keras.

 

Kini kita pasti tak ragu lagi berkreasi dengan tumisan sayur di rumah. Tinggal menggunakan persediaan sayur di dapur, maka tumisan sayur seperti tumis brokoli yang enak dan sesuai selera pun bisa segera dihidangkan.

Related Article