Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Langkah Praktis Membuat Telur Mata Sapi yang Sempurna

Memasak telur adalah hal sepele. Tampaknya semua orang bisa melakukannya. Tetapi tidak semua orang bisa menghasilkan telur mata sapi yang bentuknya sempurna. Tak jarang telur mata sapi malah gosong atau teksturnya terlalu keras karena cara memasak yang keliru.

Meskipun memasak telur gampang-gampang susah, bukan berarti kita tidak bisa melakukannya dengan benar. Kalau kita mengikuti langkah-langkah praktis ini, niscaya telur mata sapi buatan kita akan semakin sempurna :

 

Memilih Wajan yang Tepat

Wajan yang bentuknya datar adalah wajan paling tepat untuk membuat telur mata sapi. Karena panas dari api kompor akan menyebar secara merata ke seluruh permukaan wajan. Oleskan sedikit mentega pada seluruh permukaan wajan sebelum menggoreng telur. Saat mentega sudah panas, tambahkan 1 hingga 2 sendok minyak goreng agar telur tidak mudah hangus.

 

Memecahkan Telur di Atas Wajan

Memecahkan telur tak jarang membuat kita merasa kesulitan. Kalau sering kesulitan, lebih baik kita memecahkan telur di mangkuk terlebih dahulu. Selanjutnya, kita bisa meletakkan telur tersebut secara hati-hati pada wajan yang sudah panas. Cara ini bisa menghasilkan bentuk telur mata sapi yang lebih cantik lho.

 

Memasak Telur Perlahan-lahan

Telur yang sudah dimasukkan ke wajan harus dimasak perlahan-lahan. Kecilkan api kompor agar bagian bawah telur tidak mudah gosong. Kita juga bisa menutup wajan dengan tutup panci untuk membuat panas wajan menyebar secara merata. Jika ingin menghasilkan kuning telur setengah matang dengan bentuk yang cantik, kita tak perlu membalikkan telur yang sedang digoreng. Memasak telur dengan api kecil akan membuat telur menjadi lebih berbentuk sementara bagian kuningnya masih setengah matang.

 

Bila Ingin Menambahkan Garam dan Merica

Garam dan merica memang membuat telur mata sapi menjadi lebih sedap. Namun ada beberapa chef yang beranggapan bahwa menambahkan garam saat memasak telur bisa membuat kelembapan telur jadi hilang. Hasilnya, telur pun menjadi lebih kaku. Untuk menyiasati hal ini, kita bisa menambahkan garam dan merica setelah telur mata sapi diangkat dari wajan.

 

Sajian telur mata sapi yang sederhana bisa disulap jadi menarik jika tampilan dan rasanya mendekati sempurna. Tanpa harus merasa kesulitan, kita pun bisa membuat telur mata sapi yang cantik seperti buatan restoran. Selamat mencoba!

Related Article