Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Inilah 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memasak Salmon

Popularitas ikan salmon memang tak perlu diragukan lagi. Ikan yang tergolong mahal ini kerap diolah menjadi aneka jenis masakan. Tekstur dagingnya yang lembut dan berpadu dengan rasa gurih membuat salmon digemari hampir semua orang. Tak hanya lezat sebagai bahan isian sushi, jenis masakan Asia dan Eropa lainnya juga banyak menggunakan ikan salmon.

Kita tak perlu ragu untuk mengonsumsi salmon. Sebab ikan yang bertelur di air tawar ini memiliki kandungan omega 3, omega 6, protein, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Tetapi jangan sembarangan memasak salmon, ya. Meskipun cara memasaknya mudah, kita harus menghindari 3 kesalahan yang sering dilakukan saat memasak salmon berikut ini :

Membumbui Salmon Terlalu Lama

Banyak orang yang menganggap bahwa semakin lama proses perendaman salmon dengan bumbu, maka akan semakin lezat rasa salmon yang dihasilkan. Padahal keberadaan garam pada bumbu tersebut malah bisa merusak kandungan protein pada ikan salmon. Hasilnya, ikan salmon akan mudah mengering ketika dimasak. kita pun tak bisa mendapatkan sensasi rasa juicy dari salmon yang sudah mengering.

Membuang Kulit Salmon Sebelum Dimasak

Salmon bisa dimasak dengan beragam cara seperti dipanggang, dijadikan bahan dasar sup, atau di pan fried. Apa pun cara memasak yang kita inginkan, jangan pernah membuang kulit salmon sebelum dimasak. Sebab kulit salmon berfungsi sebagai bahan alami untuk mempertahankan rasa dan tekstur salmon.

Salmon yang dimasak bersama kulitnya akan terasa lebih gurih dan tidak mudah hangus. Bahkan salmon panggang atau pan fried memiliki tekstur kulit yang renyah. Perpaduan kulit salmon yang renyah dan dagingnya yang lembut tentu membuat siapa saja jadi ketagihan.

Memasak Salmon dengan Temperatur Tinggi

United States Department of Agriculture (USDA) menyarankan agar salmon dimasak pada temperatur 60 hingga 70 derajat celcius. Kisaran temperatur tersebut akan menghasilkan salmon dengan tingkat kematangan yang pas dan kandungan gizi yang sempurna. Jangan memasak salmon dengan temperatur yang terlalu tinggi sebab rasanya akan berubah dan kandungan gizinya pun menurun.

 

Jika kita berhasil menghindari ketiga kesalahan tersebut, niscaya cita rasa masakan berbahan dasar salmon yang kita buat akan semakin istimewa. Yuk makan salmon untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bagi tubuh kita.

Related Article