Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Yuk Gunakan Bahan-Bahan Ini untuk Usir Semut di Rumah!

Kehadiran semut sering di rumah sering dianggap sepele. Namun saat kawanan semut mulai menyerang meja makan, lemari dapur, dan tempat-tempat lainnya, pasti kita mulai merasa geram. Membasmi serangga kecil ini dari rumah rupanya bukan perkara mudah. Walaupun sudah menggunakan cairan pembasmi serangga, rombongan semut seakan tak kapok mengganggu makanan dan barang-barang lainnya di rumah.

Jangan merasa resah dulu dengan serbuan semut di rumah. Cobalah menggunakan bahan-bahan alami ini untuk menghalau kawanan semut supaya tidak kembali lagi :

Garam dan Lada

Dua bahan yang pasti tersedia di dapur ini memang ampuh mengusir kawanan semut. Campurkan garam dan lada bubuk kemudian taburkan di sekitar lemari dapur, meja makan, dan tempat lain yang sering didatangi semut. 

 

Buah Mentimun

Ternyata semut tidak menyukai buah mentimun. Jadi, hal yang harus kita lakukan adalah menempatkan potongan-potongan buah mentimun segar di sekitar tempat yang kerap didatangi semut.

 

Sabun Colek

Sabun colek berbentuk krim sangat ampuh digunakan untuk membasmi sarang semut di sela-sela keramik lantai atau sarang berbentuk lubang. Oleskan sabun colek dalam jumlah agak banyak pada lubang sarang semut atau sela-sela keramik lantai. Usahakan agar semua lubang tertutup rapat dengan sabun colek sehingga semut tak bisa keluar dari sarangnya.

 

Bedak Bayi

Menjaga anak-anak dari gigitan semut hanya membutuhkan bedak bayi. Taburkan bedak bayi di sekitar tempat tidur anak. Aroma bedak bayi yang kuat membuat kawanan semut jadi enggan mendekat.

 

Air Perasan Jeruk Nipis

Bila kita cukup familiar dengan jalur yang sering dilalui semut, maka kita bisa memanfaatkan air perasan jeruk nipis. Teteskan air perasan jeruk nipis pada jalur tersebut untuk mengacaukan penciuman semut. 

 

Bubuk Kopi

Selain memiliki aroma khas yang sedap, bubuk kopi yang ditaburkan di tempat-tempat tertentu juga ampuh mengusir semut. Jika tidak rela mengorbankan bubuk kopi baru, gunakan saja sisa ampas kopi yang manfaatnya sama dengan bubuk kopi baru.

 

Pasti menyenangkan rasanya jika rumah senantiasa bersih, nyaman, dan bebas semut. Kita dan keluarga jadi tak khawatir lagi dengan serangan semut yang mengganggu makanan atau menggigit permukaan kulit.

Related Article