Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips pemanfaatan minyak bekas menggoreng

Sering kali kita merasa sayang membuang minyak goreng bekas yang baru kita gunakan sekali. Sebenarnya bekas minyak goreng tersebut masih bisa kamu gunakan loh. Akan tetapi perlu diingat bahwa pemakaian minyak goreng bekas tetap memiliki batas maksimal. Apabila minyak goreng bekas terlalu sering digunakan, bisa-bisa malah membahayakan bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini beberapa cara pemakaian minyak goreng yang benar sehingga masakan yang ibu sajikan untuk keluarga terjamin kesehatannya.

- Cukup gunakan empat kali saja

Sebaiknya penggunaan minyak goreng bekas tidak lebih dari empat kali karena akan menjadi minyak jelantah (minyak rusak) yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti kanker, diare, dan iritasi saluran pencernaan.

- Dinginkan minyak

Usai menggoreng, sisa minyak harus didinginkan dan disaring, gunanya untuk  membersihkan dan mengurangi bau dari sisa makanan sebelumnya. Kemudian, simpan di tempat yang bersih dan sejuk. Jika akan digunakan lagi, tambahkan sedikit minyak yang masih segar supaya jumlahnya tetap mencukupi.

- Tunggu wajan panas

Untuk pemakaian minyak goreng, ada baiknya menunggu wadah panas terlebih dahulu baru dituangkan minyak gorengnya. Cara ini akan menghemat waktu dan mengurangi penyerapan minyak secara berlebihan ke dalam makanan.

Related Article