Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips Menyimpan Keju agar Tidak Cepat Kering

Keju. Mayoritas orang menyukai bahan makanan yang satu ini. Cita rasanya yang gurih membuat keju cocok dipadukan dengan aneka jenis makanan. Dipadukan dengan hidangan utama atau hidangan penutup, keju memang selalu berhasil menggugah selera makan kita.

Tetapi nyatanya menyimpan keju tentu tidak semudah menyantapnya. Keju yang kemasannya sudah dibuka lebih rentan kering atau berjamur jika tidak disimpan dengan benar. Jadi, supaya persediaan keju tetap segar dan bisa dikonsumsi di kemudian hari, mari simak dulu rahasia penyimpanannya.

Beda Jenis Keju, Beda Pula Ketahanannya

Ternyata setiap jenis keju memiliki ketahanan yang berbeda-beda ketika disimpan. Keju jenis ricotta harus habis maksimal 4 hari setelah kemasannya dibuka. Sedangkan jenis keju mozarella dan broccocini memiliki masa penyimpanan yang lebih lama. Meski daya tahannya lebih baik, tetap saja setiap jenis keju harus disimpan dengan benar agar rasa dan teksturnya tidak berubah.

Pastikan Kondisi Kulkas Dalam Keadaan Baik

Agar keju terhindar dari bakteri, penyimpanannya harus dilakukan pada temperatur di bawah 6 derajat celcius. Jangan sampai temperatur kulkas yang terlalu tinggi malah membuat persediaan keju kita jadi cepat rusak dan tak layak konsumsi.

Dua Tahap Menyimpan Keju di Kulkas

Usai digunakan, bungkuslah sisa keju dengan kertas aluminium foil. Bungkus hingga seluruh bagian keju tertutup rapat. Selanjutnya, kita tinggal memasukkan keju ke dalam wadah kedap udara yang tertutup untuk disimpan di kulkas. Aluminium foil akan membuat tekstur keju tetap lembut saat hendak dikonsumsi.

Jika Keju Terlanjur Jamur

Jangan langsung membuang keju yang sudah berjamur. Tumbuhnya jamur menandakan bahwa bakteri pembentuk keju masih bekerja dengan baik. Amati dulu rasa dan aroma keju. Jika rasa dan aromanya tidak berubah, kita hanya perlu membuang bagian keju yang berjamur. Bersihkan keju dari jamur yang menempel dan keju siap untuk dikonsumsi lagi.

 

Karena harganya tergolong cukup mahal, maka jangan sampai kita lalai saat menyimpan keju. Pastikan kalau bahan makanan lezat dan bergizi yang satu ini bisa kita konsumsi hingga potongan terakhir.

 

Cobain juga resep Ayam Keju Renyah yang menggunakan keju sebagai salah satu bahan resep nya. Anak-anak pasti suka. Selamat mencoba J

Related Article