Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Trik Cerdas Membersihkan Talenan Kayu Tanpa Sabun

Talenan kayu merupakan salah satu perabot dapur yang rentan terkontaminasi kuman. Ini dikarenakan perabotan dapur ini sering sekali dipakai, sebut saja untuk memotong sayuran. Selain itu permukaan talenan kayu yang mudah lembap bisa menjadi sarang bagi perkembangbiakan bakteri dan jamur. Organisme yang berasal dari bahan makanan mentah memang bisa tersebar di talenan kayu yang kotor.

Sebenarnya membersihkan talenan kayu dengan benar tak harus menggunakan sabun, lho. Sebab sisa-sisa sabun yang tertinggal malah bisa membuat bahan makanan terkontaminasi zat-zat kimia. Sediakan saja jeruk lemon, garam, spons kasar, dan air hangat untuk membersihkan talenan kayu.

Manfaat Lemon dan Garam untuk Talenan Kayu

Kandungan asam pada lemon ampuh membunuh bakteri dan organisme lainnya yang bersarang pada permukaan talenan kayu. Sementara garam yang teksturnya kasar justru bermanfaat untuk melepas kotoran-kotoran yang sudah mengering. Kombinasi kedua bahan ini ampuh untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam maupun di permukaan talenan kayu.

Menggosok-gosok Permukaan Talenan Kayu

Talenan kayu yang sudah dilumuri air perasan lemon dan taburan garam harus segera digosok dengan menggunakan spons kasar. Gosoklah permukaan talenan kayu dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Jika talenan kayu memiliki 2 sisi, lakukan hal yang sama pada sisi talenan yang lain. Lakukan tahapan ini hingga permukaan talenan kayu tampak lebih bersih dari sebelumnya.

Membilas Talenan Kayu dengan Air Hangat

Setelah talenan kayu digosok merata dan didiamkan 5 hingga 10 menit, kita bisa membilasnya dengan air hangat. Pastikan tidak ada sisa air perasan lemon dan garam yang tertinggal pada talenan kayu. Keringkan talenan kayu dengan lap bersih usai dicuci.

Agar Talenan Kayu Jadi Kering Sempurna

Supaya tidak ditumbuhi jamur, talenan yang sudah dicuci bisa dijemur di bawah terik sinar matahari. Jemurlah beberapa saat hingga talenan benar-benar kering dan siap digunakan kembali. Simpanlah talenan kayu di tempat yang kering ketika sedang tidak digunakan.

 

Kini kita tak perlu lagi jijik dengan talenan kayu yang terasa lembap. Karena talenan kayu kita akan senantiasa bersih dengan bantuan lemon dan garam. Jangan lupa membersihkan talenan kayu secara teratur agar tidak ada kuman dan jamur yang tertinggal di permukaannya!

Related Article