Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips Merawat Blender

Pasang semua bagian blender dengan benar
Setiap kali Anda menggunakannya, pastikan untuk memasang semua bagian dengan  benar. Dalam kebanyakan kasus, jika blender dipasang tidak benar, maka cara bekerjanya tidak akan baik. Terkadang juga, beberapa bagian yang longgar akan terlempar keluar sehingga bisa merusak blender.

Haluskan hanya untuk bahan yang tepat

Meskipun Anda memiliki blender yang diklaim “bisa menghaluskan semua”, yang terbaik adalah menggunakan blender sesuai tujuannya. Jika Anda menggunakan blender untuk membuat bubur kertas atau benda lain bukan makanan, maka gunakan jenis blender berbeda. Jadi bila blender rusak, Anda tidak akan terlalu merasa kehilangan.

Potong-potong dulu makanan berukuran besar
Ada baiknya tidak langsung memasukkan makanan berukuran cukup besar ke blender. Pastikan ukurannya lebih kecil saat akan dihaluskan dengan blender sehingga bisa terjangkau pisau blender. Potongan yang lebih kecil akan mudah halus.

Lakukan sedikit demi sedikit
Jika hasil blender Anda tidak baik, bagi makanan menjadi beberapa bagian lalu blender sedikit demi sedikit. Jika Anda langsung menghaluskan terlalu banyak makanan, ibarat Anda dengan memaksakan diri mengunyah makanan dalam jumlah banyak di mulut.

Pilih kecepatan yang pas
Pilih kecepatan yang cocok dan pengaturan yang pas untuk menghaluskan atau mencampurkan beberapa bahan makanan. Kebanyakan blender juga memiliki pengaturan berlanjut dan otomatis.

Selalu bersihkan setelah digunakan
Keluarkan sisa makanan dari dalam blender, tuangkan air dan sabun atau cuka, lalu nyalakan blender beberapa saat. Dasar blender adalah perangkat listrik, jadi tidak boleh terendam air.

Lepaskan pisau blender sekali-kali untuk membersihkannya lebih dalam. Sebenarnya, ini tidak perlu dilakukan setiap kali dibersihkan, cukup sesekali. Setelah dibersihkan, lap dengan kain lembut.

Berhati-hatilah jangan sampai pisau blender melukai tangan Anda. Pastikan blender benar-benar kering, dan rakit kembali bagian-bagiannya, khususnya bagian karet. Pastikan pisaunya juga terpasang dengan benar.

Related Article