Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Teknik Mudah Mengasah Pisau Dapur dengan Gelas Keramik

Kesal sekali rasanya kalau pisau dapur andalan mulai tumpul. Karena pisau yang tumpul pasti membuat kita jadi kesulitan memotong bahan makanan. Bahkan bukan mustahil jika bahan makanan yang kita potong malah rusak karena pisaunya tumpul. Untuk mencegah hal ini, kita harus sigap mengasah pisau-pisau dapur yang mulai tumpul.

Tak perlu khawatir dengan cara mengasah pisau yang sulit. Sebab ternyata kita bisa memanfaatkan gelas keramik untuk mengasah pisau dapur yang tumpul. Penasaran dengan caranya?

Memilih Gelas Keramik yang Tepat

Semua jenis gelas keramik sebenarnya bisa digunakan untuk mengasah pisau dapur. Namun sebaiknya kita memilih gelas yang berukuran besar. Tujuannya tentu saja agar kita mudah menggerak-gerakkan pisau saat mengasahnya. Karena apabila menggunakan gelas yang ukurannya terlalu kecil dapat berisiko membuat tangan kita luka terkena pisau. Kalau merasa sayang dengan gelas keramik kesayangan, gunakan saja gelas keramik yang sudah tak terpakai.

Bagian Bawah Gelas Keramik yang Kasar

Semakin kasar bagian bawah gelas keramik, maka semakin baik untuk mengasah pisau dapur. Rabalah bagian bawah gelas keramik tersebut. Pilih bagian yang paling kasar dan bersiaplah untuk mengasah pisau dapur.

Lakukan Gerakan Mengasah Secara Tepat

Mulailah menggesekkan mata pisau pada bagian dasar gelas keramik. Gesekkan kedua mata pisau dengan gerakan cepat agar gesekan tersebut membuat mata pisau lebih tajam. Jika merasa kesulitan saat mengasah, basahi bagian dasar gelas keramik dengan sedikit air. Ulangi terus gerakan mengasah hingga kedua mata pisau terasa cukup tajam untuk digunakan kembali.

Membersihkan Mata Pisau Setelah Diasah

Mata pisau yang sudah diasah sebaiknya dicuci untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran pada permukaannya. Cucilah mata pisau dengan hati-hati karena kini mata pisaunya sudah tajam. Usai dicuci dan dikeringkan, pisau dapur pun siap digunakan kembali.

 

Ketika memiliki waktu senggang di rumah, tak ada salahnya lho bila kita mengasah pisau dapur yang kita miliki. Sehingga nantinya pisau dapur siap digunakan ketika kita membutuhkannya. Namun ketika pisau sudah terasah kembali, berhati-hatilah saat memotong bahan makanan agar jari tidak teriris. Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada pisau dapur tumpul yang menyebalkan.

Related Article