Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Manfaat Dahsyat Cuka untuk Membersihkan Seisi Dapur

Suasana dapur dapat mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Jika dapur rumah kita bersih, berarti kita adalah orang yang rajin dan menyukai kebersihan. Oleh sebab itu, beragam masalah kotoran di dapur harus segera diatasi. Supaya kotoran tidak menumpuk dan membuat dapur semakin berantakan.

Faktanya, beberapa masalah dapur yang menyulitkan kita ternyata bisa diatasi dengan cuka lho. Beberapa manfaat dahsyat dari penggunaan cuka berikut ini bisa segera kita coba di rumah :

Menghilangkan Karat pada Perabot Dapur

Perabot dapur yang berkarat memang menyebalkan. Rasanya kita pasti ingin segera menyingkirkannya karena dianggap sudah tidak bisa dipakai lagi. Jangan terlalu buru-buru menyingkirkan perabot dapur berkarat. Cobalah merendamnya dalam cuka dapur tanpa tambahan air selama semalam. Keesokan harinya, karat yang menempel pun jadi lebih mudah dibersihkan. Perabot dapur pun akan kembali cemerlang seperti baru.

Membersihkan Blender yang Kotor

Noda makanan pada blender kerap kali sulit dibersihkan. Apalagi jika noda tersebut sudah melekat terlalu lama. Solusinya, campurkan cuka dengan sedikit air dan sabun cuci piring di dalam blender. Selanjutnya, nyalakan blender dengan kecepatan sedang. Biarkan campuran cairan tersebut membuat bagian dalam blender jadi bersih. Jika sudah selesai, kita tinggal mencuci blender seperti biasa.

Sisa Minyak Membandel pada Panci

Sisa minyak yang membandel pada panci memang sulit dibersihkan. Sehingga proses mencuci piring jadi memakan waktu lama dan tidak membuat panci jadi bersih maksimal. Untuk mengatasi hal ini, campurkan cuka dengan 2 liter air bersih. Kemudian celupkan panci berminyak pada campuran air cuka tersebut. Sisa-sisa minyak akan segera terlepas dari panci dan kita bisa mencuci panci dengan mudah.

Keramik Dinding Dapur Tampak Kusam

Sisa-sisa asap dan cipratan makanan bisa membuat dinding dapur jadi kusam. Tetapi ada cara mudah mengembalikan kilau keramik dapur anda. Kita hanya perlu menuangkan cuka pada dinding dapur yang hendak dibersihkan. Biarkan selama kurang lebih 10 menit dan bersihkan sisa cuka pada keramik tersebut. Lakukan proses pembersihan sebanyak 2 hingga 3 kali untuk menghilangkan aroma cuka pada keramik dinding dapur.

 

Tak cuma menambah cita rasa makanan, cuka juga sangat bermanfaat untuk kebersihan perabot dapur. Dengan mempraktikkan tips ini, suasana dapur kita pasti jadi lebih bersih dan nyaman. Selamat mencoba!

Related Article