Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Inilah Cara Merawat dan Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah

Kompor gas merupakan salah satu perlengkapan dapur yang sering digunakan. Tentu saja kita menggunakannya setiap hari meskipun hanya untuk memasak air. Oleh sebab itu, kebersihan kompor gas harus diperhatikan supaya kompor gas tidak mudah rusak. Walaupun tergolong awet, kompor gas bisa saja mudah rusak jika kita tidak teliti ketika menggunakannya.

Merawat dan membersihkan kompor gas ternyata sangat mudah. Ternyata kita hanya perlu meluangkan waktu selama beberapa menit saja untuk melakukan hal-hal ini :

Memeriksa Bagian Selang Gas

Periksalah selang gas untuk memastikan selang tersebut tidak tertekuk dan temperaturnya tidak panas. Selang yang tertekuk dalam waktu lama bisa mengalami perubahan bentuk dan menjadi lebih rapuh. Jadi, kita harus menjaga agar bentuk selang gas tetap lurus supaya aliran gas di dalamnya senantiasa lancar.

Membersihkan Permukaan Kompor

Permukaan kompor gas adalah bagian yang paling rentan kotor. Alasannya tentu saja karena bagian ini sering terkena cipratan minyak, air, dan bahan-bahan makanan lainnya. Jika sudah selesai memasak, bersihkan permukaan kompor dengan lap basah untuk mengangkat kotoran. Selanjutnya, basuh kembali dengan lap kering sehingga sisa-sisa air di permukaan kompor tidak menjadi kerak.

Bagian Tungku Kompor Bisa Dicuci

Bagian tungku kompor yang bisa dilepas memang bisa dicuci secara terpisah. Mencuci tungku kompor akan membuat sisa-sisa makanan dan keraknya terangkat dengan sempurna. Caranya, angkatlah tungku kompor kemudian cuci seperti biasa dengan air mengalir dan sabun cuci piring. Setelah tungku kompor bersih, tiriskan dan diamkan sesaat agar seluruh permukaannya benar-benar kering. Tungku kompor yang sudah kering baru bisa dipasang kembali pada kompor gas.

Burner Juga Harus Dibersihkan

Burner merupakan bagian inti kompor yang menjadi tempat keluarnya api saat kompor dinyalakan. Biasanya kompor modern memiliki burner yang bisa dilepas. Sehingga kotoran yang menempel pada bagian gerigi di sekitar burner bisa dibersihkan secara maksimal. Jika kotoran-kotoran tersebut menumpuk terlalu lama, tentu saja aliran api kompor menjadi terganggu.

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan kompor gas ketika kompor tersebut sudah berada dalam kondisi dingin, ya. Supaya kita tidak mengalami luka bakar akibat temperatur kompor yang panas. Yuk merawat kompor gas dengan cara yang mudah, agar dapur menjadi bersih dan nyaman!

Related Article